Senin, 28 Januari 2013

Rangkuman Tugas SenBud

Mengapresiasi Seni Rupa
A.     Mengidentifikasi karya Seni Rupa Murni yang diciptakan di Indonesia
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang dapat dilihat dengan mata dan dapat dirasakan dengan rabaan.
Karya seni rupa murni diciptakan hanya untuk kepentingan kebutuhan emosi atau rihani dan kepentingan estis (keindahan).
Bidang seni rupa murni
1.      Seni lukis è Seni lukis modern Indonesia, dimulai dengan masuknya penjajah belanda di Indonesia.
Tema-tema seni rupa Indonesia :
a.       Tema masa perintisan è masa perintisan seni rupa modern dimulai dari munculnya Raden Saleh Bostaman sebagai orang Indonesia pertama yang mengenal seni lukis dengan teknik barat. Tema-tema ilustrasi suatu kegiatan, foto, dan gambar penelitian.
b.      Tema masa Indonesia jelita è tema-tema lukisan masa Indonesia jelita adalah wanita pemandangan, dan potret kaum bangsawan. Tema-tema tersebut dilukis dalam bentuk yang indah tanpa cacat. Nama pelukis masa à Basuki Abdullah, Triyoto Abdullah, Pringadi (1875-1936), Nenik Ngantung, Lee Man Fong, Ui Tiang Bun, Brauw Tikwi, Suyano, Wamidi, dan Suharyo.
c.       Tema masa perjuangan è tema-tema lukisan masa indnesia dalam zaman perjuangan kemerdekaan adalah bentuk-bentuk yang dilator belakangi semangat nasionalisme. Tokoh-tokoh yang menonjol pada masa ini à S. Sudjojono, Affandi, Agus Jaya Sumnita, Otto Jaya.
d.      Tema masa pasca merdeka è tema-tema lukisan setelah Indonesia merdeka dan berkembang pesat.
e.       Tema masa baru è tema-tema lukisan Indonesia baru banyak mengambil tema social, terutama tema kemiskinan kota. Bahkan mulai bermunculan tema-tema abstrak. Tokoh-tokoh seni rupa masa Indonesia baru à Jim Supangkat, Dede Eri Supri.

2.       Seni Grafis
Seni hrafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas.
Seni grafis mulai dikerjakan oleh seniman Indonesia setelah masa kemerdekaan. Sejak tahun 1960-an para seniman seperti Mochtar Apin, Soadi bersaudara, Kaboel, dan Naryudi, A.D. Pirous, dan T. Suyanto dari Bandung. Serta Sutomo, Abdul Salam, WIdayut, Suhardi, dan Eka Suprihadi dari Yogyakarta makinmenunjukan minat para gradisi.
3.      Seni Patung
Seni patung adalah cabang seni rupa murni yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat atau mencngkel (dengan cetakan). Perkembangan seni patung di Indonesia hingga tahun 1960 masih bercorak figurative.
4.      Seni Instalasi
Seni instalasi adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengontruksi sejumlah benda yang dianggap bias merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu.
5.      Seni Keramik
Seni keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni.
b.     Apresiasi tehadap keunikan gagasan  dengan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia
Seni rupa murni Indonesia sudah ada mulai zaman prasejarah hal ini dapat kita lihat pada lukisan-lukisan yanga ada pada dinding gua, prasasti dan candi.
Seni patung, pada masa modern ini karya seni rupa tidak hanya berfungsi untuk upacara keagamaan saja, tetapi sebagai sarana mengespresikan jiwa seniman.




Created by    : Agam Gunawan
Edited by       : Muhammad Al-Faruq Habiburrahman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar